4 Tahapan Baby Spa yang Bisa Dilakukan di Rumah - KidCare Children Therapy Center
13819
post-template-default,single,single-post,postid-13819,single-format-standard,mkd-core-1.0,sparks-ver-1.1.2,mkd-smooth-scroll,mkd-smooth-page-transitions,mkd-ajax,mkd-grid-1300,mkd-blog-installed,mkd-header-standard,mkd-sticky-header-on-scroll-up,mkd-default-mobile-header,mkd-sticky-up-mobile-header,mkd-dropdown-default,mkd-header-style-on-scroll,mkd-full-width-wide-menu,mkd-header-standard-in-grid-shadow-disable,wpb-js-composer js-comp-ver-5.2.1,vc_responsive

Blog

KidCare Children Therapy Center / Umum  / 4 Tahapan Baby Spa yang Bisa Dilakukan di Rumah

4 Tahapan Baby Spa yang Bisa Dilakukan di Rumah

Rangkaian baby spa utamanya adalah dilakukan pemijatan oleh fisioterapis setelah tahap baby swim.

Pemijatan

Karena tidak semua bayi senang dipijet, maka yang harus Anda lakukan pertama kali adalah membuat suasana yang nyaman untuknya.

Memijat Wajah Bayi

  1. Tekankan jemari Anda di mulai dari tengah kening bayi mengarah ke pelipis dan pipi.
  2. Pijat daerah bagian atas alis dengan kedua Ibu jari
  3. Berikan tekanan lembut dengan menggunakan ibu jari, tariklah garis dari arah hidung bayi ke arah pipi.
  4. Pijat sekitar area mulut bayi dengan kedua ibu jari. Buatlah gerakan menarik bibirnya sehingga membentuk senyuman.
  5. Berikan pijatan lembut di sekitar rahang bawah bayi, mengarah dari tengah ke samping untuk membuat bibir bayi membentuk senyuman.

Memijat Dada Bayi

  1. Letakkan kedua tangan di atas dada bayi, Lakukan gerakan mengarah ke atas lalu ke samping dan kembali ke tengah dengan gerakan membentuk simbol hati.
  2. Dari tengah dada bayi, buat arah silang dengan telapak tangan Anda menuju ke arah bahu.

Memijat Perut Bayi
Ingat, jangan melakukan pemijatan di atas tulang rusuk atau ulu hati !

  1. Lakukan gerakan mengeruk di atas perut bayi dengan gerakan tangan Anda, mengarah dari atas ke bawah perut.
  2. Angkat kedua kaki bayi, tekan kedua lututnya secara perlahan ke arah perut. Buat gerakan melingkar secara bergantian di atas perut mengarah searah jarum jam.
  3. Rasakan gelembung angin di dalam perut bayi, dorong dengan jari-jari Anda searah dengan arah jarum jam.

Mandi

Pertama kali memandikan bayi pasti ada perasaan khawatir, tetapi hal ini harus terus dilatih. Dalam 28 hari kulit melakukan regenerisasi sehingga akan selalu ada sisa-sisa kulit yang mengelupas setiap harinya. Disinilah proses mandi memiliki peran peran penting untuk membersihkannya. Pada prinsipnya bila si kecil bersih maka kecenderungan ia sakit akan minim, jadi selalu mandikan bayi dua kali sehari. 29-30 derajat celcius adalah suhu yang tepat untuk memandikan bayi. Bila Anda kesulitan untuk mengetahui suhunya susah pas atau belum gunakanlah pengukur suhu tubuh atau dapat dirasakan dengan pergelangan tangan. Setelah itu mandikan si buah hati. Selesai mandi keringakan ia dengan handuk lembut. Pastikan bahwa bayi sudah benar-benar kering.

Proteksi

Proteksi yang diberikan adalah kehangatan. Berilah si kecil kehangatan dengan minyak telon. Untuk bayi hindari menggunakan minyak kayu putih karena lebih panas dari pada minya telon. Kemudian pakaikan ia dengan bedak khusus bayi. Bedak akan sangat membantu meredakan biang keringatnya. Bila bayi Anda terkena ruam akibat popok oleskan krim yang mengandung zinc untuk mengatasi kemerahan dan iritasi pada kulitnya. Zinc berguna untuk menghilangkan kemerahan dan iritasi pada kulit bayi.

Wewangian

Ini adalah sentuhan terakhir dalam baby spa. Agar membuat kulit bayi menjadi wangi dan segar gunakanlah lotion khusus bayi. Khususnya pada area kulit yang cenderung kering seperti lengan, paha, dan kaki. Pijatan lembut dapat Anda berikan ketika sedang mengoleskan lotion. Selain ia merasa nyaman, kulit bayi Anda akan terjaga kelembabannya.

No Comments

Leave a Comment